Bagaimana Melihat Hujan Meteor Eta Aquarids dan Supermoon Mei 2020

eta aquarids Rocky Raybell

Jika Anda melewatkan hujan meteor Lyrid pada bulan April, Anda memiliki kesempatan lain untuk menangkap beberapa “bintang jatuh” minggu ini ketika sisa-sisa komet terkenal terbakar di langit malam.

Eta Aquarids diperkirakan akan memuncak pada Selasa dan Rabu, 5 dan 6 Mei.

Setiap tahun sekitar waktu ini, Bumi melayang melalui aliran puing-puing yang ditinggalkan oleh Komet Halley. Potongan-potongan debu, batu, dan puing-puing lainnya memanas saat mereka bertabrakan dengan atmosfer kita, menciptakan jalur cepat dan bola api sesekali yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Menurut NASA, meteor itu tampaknya berasal dari rasi bintang Aquarius dan lebih tepatnya dari wilayah rasi bintang dekat salah satu bintang paling terang, Eta Aquarii, yang merupakan cara shower mendapatkan namanya.

Sayangnya, tahun ini shower memiliki sedikit kompetisi. Itu jatuh tepat sebelum supermoon terakhir tahun 2020.

“Silau intens dari salah satu Bulan penuh terbesar tahun ini akan mengurangi jumlah meteor yang terlihat dari 40 per jam menjadi tidak lebih dari 10 atau 15 per jam,” tulis astronom Tony Phillips.

Tetapi jika Anda mencari alasan untuk keluar, itu masih bukan pertanda buruk untuk hujan meteor.

Phillips mengatakan waktu terbaik untuk melihat Eta Aquarids adalah bangun lebih awal, sekitar satu jam sebelum matahari terbit ketika Aquarius tinggi di langit timur.

“Selasa pagi dan Rabu pagi sama-sama baik. Aliran puing Halley cukup lebar untuk menyebarkan pancuran selama dua hari.”

Secara umum, semakin jauh ke selatan Anda berada, semakin baik pandangan Anda tentang shower ini. Berita bagus, Australia!

Untuk melihat pertunjukan, rencanakan untuk keluar sedekat mungkin dengan sekitar empat atau lima pagi hari. Temukan lokasi yang jauh dari polusi cahaya dengan pemandangan langit yang jelas. Berbaringlah, biarkan mata Anda menyesuaikan diri dengan gelap dan santai saja. Jika Anda dapat mengarahkan diri untuk melihat ke arah Aquarius, itu bagus, tetapi jika Anda memiliki pandangan yang cukup luas ke langit, Anda harus dapat menangkap meteor tanpa menemukan rasi bintang.

Nikmati api di langit, lebih baik setidaknya enam kaki dari sesama pengamat langit.

source: https://www.cnet.com/how-to/how-to-see-eta-aquarids-meteor-shower-compete-with-the-supermoon-this-week/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top